Sabtu, 10 Agustus 2013

TEORI KEPERAWATAN MARTHAELISABETH ROGER




 TEORI MARTHA ELISABETH ROGER
A.    Biografi Martha E. Rogers
Martha Elizabeth Roger lahir pada tanggal 12 Mei 1914 di Dallas, Texas.Beliau memulai karir sarjananya ketika beliau masuk di Universitas Tennessee diKnoxville pada tahun 1931.Beliau masuk sekolah keperawatan di RSU Knoxvillepada September 1933.Beliau menerima gelar Diploma Keperawatan pada tahun 1936 dan menerima gelar B.S dari George Peabody College di Masville pada tahun 1937.Pada tahun 1945 beliau  mendapat gelar MA dalam bidang pengawasan kesehatan masyarakat dari Fakultas Keguruan Universitas Columbia, New York. Beliau menjadi Eksekutif Direktur dari pelayanan keperawatan di Phoenix, AZ. Beliau meninggalkan Arizona pada tahun 1951 dan kembali melanjutkan sekolah diUniversitas Johns Hopkins, Baltimre MD dengan  memperoleh gelar MPH tahun 1952 dan Sc.D tahun 1954. Beliau di tetapkan menjadi Kepala Bagian Keperawatan di NewYork University pada tahun 1954. Secara resmi beliau mengundurkan diri sebagai Professor dan Kepala Bagian Keperawatan pada tahun 1975 setelah 21 tahun dalam pelayanan. Pada tahun 1979 beliau pensiun dengan hormat dengan memakai gelar Professornya dan terus aktif mengembangkan dunia keperawatan sampai beliau meninggal pada 13 maret 1994.
Dalam teorinya, Martha Rogers (1970), mempertimbangkan manusia (kesatuan manusia) sebagai sumber energi yang menyatu dengan  alam semesta. Manusia berada dalam interaksi yang terus menerus dengan lingkungan (lutjens,1995). Selain itu, manusia merupakan satu kesatuan utuh memiliki integritas diri dan menunjukkan karakteristik yang lebih dari sekedar gabungan dari beberapa bagian (Rogers 1970).Manusia yang utuh merupakan ” Empat sumber dimensi energi yang diidentifikasi oleh pola dan manisfestasi karakteristik spesifik yang menunjukkan kesatuan dan yang tidak dapat di tinjau berdasarkan bagian pembentuknya” (Maminer  – Toey,1994). Keempat dimensi yang di gunakan oleh Martha E. Rogers antara lain yaitu sumber energi, keterbukaan, keteraturan dan pengorganisasian, dan empat dimensionalitas manusia digunakan untuk menentukan prinsip mengenai bagaimana berkembang.

B.     TEORI DAN KONSEP KEPERAWATAN MENURUT MARTHA E. ROGERS

1.1    Definisi Keperawatan Menurut Martha E. Rogers
Keperawatan adalah ilmu humanistis atau humanitarian yang menggambarkan dan memperjelas bahwa manusia dalam strategi yang utuh dan dalam perkembangan hipotesis secara umum dengan memperkirakan prinsip-prinsip dasar untuk ilmu pengetahuan praktis.Ilmu keperawatan adalah ilmu kemanusiaan, mempelajari tentang alam dan hubungannya dengan perkembangan manusia.
Rogers mengungkapkan bahwa aktivitas yang didasari prinsip – prinsip kreatifitas, seni dan imaginasi. Aktifitas keperawatan dinyatakan Rogers merupakan aktifitas yang berakar pada dasar ilmu pengetahuan abstrak, pemikiran intelektual, dan hati nurani. Rogers menekankan bahwa keperawatan adalah disiplin ilmu yang dalam aktifitasnya mengedepankan aplikasi keterampilan, dan teknologi. Aktivitas keperawatan meliputi pengkajian, intervensi, dan pelayanan rehabilitatif senantiasa berdasar pada konsep pemahaman manusia atau individu seutuhnya.

1.2    Asumsi Dasar
Dasar teori Rogers adalah ilmu tentang asal usul manusia dan alam semesta seperti antropologi, sosiologi, agama, filosofi, perkembangan sejarah dan mitologi. Teori Rogers berfokus pada proses kehidupan manusia secara utuh. Ilmu keperawatan adalah ilmu yang mempelajari manusia, alam dan perkembangan manusia secara langsung.
Berdasarkan pada kerangka konsep yang dikembangkan oleh Rogers (1970) ada lima dasar asumsi tentang manusia, yaitu:
1.      Manusia adalah satu kesatuan, proses integritas individu dan mewujudkan karakteristik yang lebih dan perbedaan dari jumlah bagian-bagiannya. Manusia kelihatan seperti bagian terkecil dan menghilang lenyap dari pandangan. Karena kesatuan ini menghasilkan variabel dan secara konstan mengubah pola ini. Manusia merupakan makhluk yang memiliki kepribadian unik, antara satu dan lainnya berbeda di beberapa bagian. Secara signifikan mempunyai sifat-sifat yang khusus jika semuanya jika dilihat secara bagian perbagian ilmu pengetahuan dari suatu subsistem tidak efektif bila seseorang memperhatikan sifat-sifat dari sistem kehidupan manusia. Manusia akan terlihat saat bagiannya tidak dijumpai.
2.      Individu dan lingkungan terus mengalami perubahan materi dan energi. Berasumsi bahwa individu dan lingkungan saling tukar-menukar energi dan material satu sama lain. Beberapa individu mendefenisikan lingkungan sebagai faktor eksternal pada seorang individu dan merupakan satu kesatuan yang utuh dari semua hal.
3.      Mempercayai bahwa proses hidup manusia tidak dapat diulang dan tidak dapat diprediksi sepanjang ruang dan waktu. Individu tidak pernah dapat mundur atau jadilah sesuatu ia atau dia sebelumnya. Bahwa proses kehidupan manusia merupakan hal yang tetap dan saling bergantung dalam satu kesatuan ruang waktu secara terus menerus. Akibatnya seorang individu tidak akan pernah kembali atau menjadi seperti yang diharapkan semula.
4.      Perilaku pada individu merupakan suatu bentuk kesatuan yang inovatif. Mengidentifikasi pola manusia dan mencerminkan keutuhan yg inovatif, pola teladan ini mempertimbangkan pengaturan diri, ritme, dan teori pengaruh energi. Mereka memberi kesatuan keanekaragaman dan mencerminkan suatu alam semesta yang kreatif dan dinamis.
5.      Individu dicirikan oleh kapasitas abstraksi dan citra, bahasa dan berpikir, sensasi dan emosi. Hanya manusia yang mampu untuk berfikir menjadi siapa dan keluasan dari alam semesta ini. Dari seluruh bentuk kehidupan di dunia hanya manusia yang mampu berfikir dan menerima dan mempertimbangkan luasnya dunia.

Berdasarkan pada asumsi-asumsi tersebut, terdapat 4 batasan utamayang ditunjukkan oleh Martha E. Roger :
1.    Sumber energi
2.    Keterbukaan
3.    Pola-pola perilaku
4.    Ukuran-ukuran 4 dimensi
               Disini terdapat elemen-elemen yang saling berhubungan pada ini adalah manusia dan lingkungannya.Sebagai sistem hidup dan sumber energi, individu mampu mengambil energi dan informasi dari lingkungan dan menggunakan energi dan informasi untuk lingkungan.Karena pertukaran ini individu adalah sistem terbuka yang mendasari dan membatasi asumsi-asumsi utama Martha E. Roger.
               Terdapat persamaan kekuatan antara anggapan dasar Roger dan sistem teori umum lainnya. Menurut von Bertalanffy (1968), sebuah sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang dihubungkan, wujud manusia dan lingkungannya. Seperti sebuah sistem hidup dan energi dasar, individu memiliki kecakapan dalam memanfaatkan energi dan informasi dari lingkungan dan energi bebas dan informasi kepada lingkungan.
               Martha E. Roger mengemukakan empat konsep besar tersebut dan menghadirkan lima asumsi tentang manusia. Tiap orang dikatakan sebagai suatu yang individu utuh.Manusia dan lingkungan selalu saling bertukar energi. Proses yang terjadi dalam kehidupan seseorang tidak dapat diubah dan berhubungan satu sama lain pada dimensi ruang dan waktu. Hal tersebutmerupakan pola kehidupan.Pada akhirnya seseorang mampu berbicara, berfikir, merasakan, emosi, membayangkan dan memisahkan. Manusia mempunyai empat dimensi, medan energi negentropik dapat diketahui dari kebiasaan dan ditunjukkan dengan ciri-ciri dan tingkah laku yang berbeda satu sama lain dan tidak dapat diduga dengan ilmu pengetahuan yaitu lingkungan, keperawatan dan kesehatan.


1.3    Prinsip Homeodinamika
Prinsip homeodinamika terdiri dari 3 pemisahan prinsip, yaitu integral, resonansi dan helicy (Roger (1970,1988, 1992)). Dengan kombinasi prinsip homeodinamika dan konsep manusia dari definisi perawat, sebuah teori menyatakan dapat dijadikan dalil.Sebuah teori yang tepat mungkin menyatakan jika perawat menggunakan prinsip homeodinamika untuk melayani umat manusia.

1.3.1   Integral
Prinsip pertama adalah integral. Badan manusia dan lingkungannya tidak dapat dipisahkan, rangkaian pertukaran proses kehidupan terus terjadi pembaharuan interaksi antara badan manusia dan lingkungannya. Keduanya saling berinteraksi yang konstan dan saling bertukar dimana pembentukan keduanya ditempatkan dalam waktu yang sama. Maka, integral adalahkelanjutan proses interaksi antara manusia dan lingkungan.

1.3.2   Resonansi
Prinsip selanjutnya, resonansi, berbicara pada kejadian pertukaran alam antara manusia dan bidang lingkungan.Pertukaran adalah pola manusia dan bidang lingkungan disebarkan dari gelombang yang berpindah dari gelombang yang lebih tinggi dari frekuensi rendah ke gelombang yang lebih pendek dari frekuensi yang lebih tinggi. Proses kehidupan dalam badan manusia adalah simfoni dari ritme yang bergerak dalam frekuensi tertentu.Pengalaman manusia di lingkungannya seperti segaris kompleks kesatuan gelombang resonansi mereka dengan dunia istirahat.

1.3.3   Helicy
Terakhir, prinsip helicy sependapat dengan alam dan pertukaran langsung pada manusia- lingkungan.Manusia dan lingkungan adalah dinamis, sistem terbuka dalam pertukaran adalah hak berlanjut pada pertukaran yang konstan antara manusia dan bidang lingkungan.Pertukaran ini juga mengalami pembaharuan.Jika, pertukaran tidak dapat diprediksi.Akhirnya, pertukaran langsung menuju peningkatan perbedaan dan kerumitan. Proses ini dan polanya tidak dapat di prediksi, dinamis, dan peningkatan perbedaan.
Helicy meliputi konsep perubahan ritmis, pengaruh evolusioner, dan kesatuan bidang lingkungan hidup manusia.Arah perubahan yang terjadi antara manusia dan lingkungan terhadap peningkatkan keragaman dan kompleksitas dan ritme yang tidak tepat diulang. Akibatnya, prinsip dari homeodynamics adalah cara melihat manusia dalam keutuhan mereka. Perubahan dalam proses kehidupan manusia yang tidak dapat kembali, nonrepeatable, berirama, dan menyajikan keragaman pola tumbuh.

C.     Perbandingan Dengan Teori Lain
Prinsip-prinsip yang homeodinamik erat keterkaitannya dengan prinsip teoriterpilih.Sistem prinsip umum homeodinamik dari helicy dapat dibedakan menjadiequifinaliti dan negenytropi.Equifinality berarti bahwa sistem terbuka dapatmencapai keadaan waktu kemandirian kondisi awal dan ditentukan hanya olehparameter tujuan sistem itu. Prinsip negentropic mengatur bahwa sistem terbukamemiliki mekanisme yang dapat memperlambat proses gerakan menuju kurangefisiensi. Pertukaran lingkungan dapat memberikan dukungan untuk mekanismetersebut.
Misalnya, kasus Susie kembar identik dan Joanie.Setelah ulang tahunmereka dua bulan, salah satu kembar, Susi, menghabiskan enam minggu di kakibilateral untuk mengobati cacat bawaan.Akibatnya Susie dipertahankan di datarantinggi, dan Joanie terus mengembangkan sepanjang sumbu sekuensial. Susiemengalami pola perubahan perkembangan, perbedaan perkembangan antara sikembar substansial, sedangkan pada bulan kedelapan perbedaan telah  sangat berkurang.Bagian equifinal dari perkembangan ini akan tercapai meskipun lama. Perkembanganteori telah menunjukkan bahwa kompetensi bawaan bayi berkembang melalui waktu.Sebagai contoh, Erikson (1963) tahapan perkembangan psikososial, dimulai dengankepercayaan versus ketidakpercayaan dan otonomi versus keraguan malu, melalui generativity versus penyerapan diri dan integritas ego versus putus asa, mengakuipertumbuhan ke depan dari seorang individu yang semakin kompleks. Pembangunanadalah proses yang berkelanjutan dari mempelajari tugas-tugas dasar pertamaberjalan, makan, dan berbicara untuk mengontrol fungsi tubuh untuk menyesuaikandiri dengan pensiun, dan / atau kematian pasangan.Contoh lain adalah Piaget (Piaget & Inhelder, 1969) konsep pengembanganintelektual. Kohlberg (1973) memvalidasi kerja Piaget menemukan bahwaperkembangan moral dimulai ketika proses berpikir bergeser dari sebelum operasipada operasi konkret. Kohlberg menemukan bahwa laki-laki berkembang melaluiserangkaian tahapan, dari hukuman premoral dan orientasi ketaatan pada moralitasyang berprinsip dan orientasi prinsip universal etika.Giligan (1982) telah menantangteori perkembangan dan pengecualian mereka pemikiran perempuan danpembangunan di presentasi pekerjaan mereka. Pengamatan Gilligan, pemikiran yangmendukung model konseptual Roger keunikan manusia kesatuan.Menurut Roy (Roy & Adrews, 1991) model adaptasi mungkin dapatdiperlihatkan dengan kekonsistennya dengan sistem abstrak Roger.Model postulatRoy menyatakan bahwa tingkat adaptasi individu merupakan fungsi dari interaksiantara mekanisme adaptasi dan lingkungan.Adaptasi psikologi terhadap stimuluslingkungan mengalami perubahan kedudukan seperti yang dialami oleh pendakigunung menunjukkan interaksi timbal balik antara individu dan lingkungan.Perubahan stimultan pendaki gunung dan kenaikannya konsisten dengan prinsipintegral.
Menurut Roy (Roy & Adrews, 1991), adaptasi individu dari konsep diridipengaruhi oleh pengalaman sosial, yang mencerminkan stimulus eksternal yangmengelilingi orang tersebut dan proses dari persepsi dan pembelajaran sosial. PrinsipRogers tentang dalil helicy, setiap interaksi timbal balik yang baru meningkatkanperubahan inovatif. Sebagai contoh, seorang wanita yang menjadi seorang istrisekaligus ibu mengembangkan diri konsep diri yang konsisten dengan presepsiinteraksi dengan suaminya dan anak-anaknya. Ketika wanita itu menjadi mahasiswa,interaksinya dengan dosen, mahasiswa, dan lingkungan kampus meningkatkan perubahan dan adaptasi dalam konsep-diri-nya.Menjadi seorang ibu, istri sekaligus mahasiswa membuatnya mengalamiperubahan di lingkungannya.Ini adalah perwakilan dari perkembangan.Pada titik tertentu dalam waktu perubahan disebabkan oleh lingkungan baru yang menciptakanperubahan dalam pola hidup di mana wanita itu telah berfungsi.Perubahan ini mempengaruhi kebiasaan yang berhubungan dengan gaya hidupnya dahulu. Sebelum kuliah, ibu akan memasak untuk keluarganya, setelah ia kuliah,tidak ada anggota keluarga yang berperan memasak, sehingga fungsi keluargaberubah. Sesuai dengan prinsip Roger, (helicy) perubahan kebiasaan terjadi karena perubahan lingkungan. Resonancy menguji variasi yang terjadi selama proseskehidupan dari orang yang "utuh".
D.    Teori Rogers dan Metaparadigma Lansia
Marta Rogers (1992) mengungkapkan metaparadigma lansia. Dia menyajikan lima asumsi tentang manusia. Setiap manusia diasumsikan sebagai kesatuan yang dengan individualitas.Manusia secara kontinyu mengalami pertukaran energi dengan lingkungan.Manusia mampu abstraksi, citra, bahasa, pikiran, sensasi, dan emosi.Manusia diidentifikasi dengan pola dan mewujudkan karakteristik dan perilaku yang berbeda dari bagian dan yang tidak dapat diprediksi dengan pengetahuan tentangbagian - bagiannya.Lingkungan terdiri dari semua pola yang ada di luar individu.Keduanya, individu dan lingkungan dianggap sistem terbuka.Lingkungan merupakan, tereduksi terpisahkan, energi lapangan pandimensional diidentifikasi dengan pola dan integraldengan bidang manusia.Perawatan utamanya adalah seni dan ilmu dan humanistik kemanusiaan.Ditujukan terhadap semua manusia dan berkaitan dengan sifat dan arah pembangunan manusia. Tujuannya untuk berpartisipasi dalam proses perubahan sehingga orang dapat mengambil manfaat (Rogers, 1992). Kesehatan tidak secara khusus diatur, Malinski (1986) dikutip dari komunikasi pribadi dengan Rogers di mana di negara bagian Rogers bahwa ia memandang kesehatan sebagai sebuah nilai. Komunikasi ini menegaskan kesimpulan sebelumnya bahwa penyakit, patologi dan kesehatan adalah sebuah nilai.

E.     Kegunaan prinsip Rogers dalam Proses Keperawatan
Jika profesi keperawatan dipandang sebagai kepedulian pada umat manusia, prinsip-prinsip homeodynamics memberikan pedoman untuk memprediksi sifat dan arah perkembangan individu sebagai respon terhadap masalah kesehatan. Diharapkan, praktik keperawatan profesional kemudian akan meningkatkan dinamika integrasi manusia dan lingkungannya, untuk memperkuat hubungan dan integritas bidang manusia, dan untuk mengarahkan pola dari bidang manusia dan lingkungan untuk realisasi maksimum kesehatan. Tujuan ini akan tercermin dalam proses keperawatan. Untuk berhasil menggunakan prinsip-prinsip homeodinamik, diperlukan pertimbangan perawat dan melibatkan perawat dan klien dalam proses keperawatan. Jika sesuatu atau seseorang di luar individu adalah bagian dari lingkungan, maka perawat akan menjadi bagian dari lingkungan klien. Maka tersirat bahwa klien berpartisipasi, serta bersedia maju dalam proses keperawatan.
Akibatnya, hasil keperawatan mandiri, yang Rogers (1992), mempertahankan diperlukan jika klien berusaha mencapai potensi maksimal dengan cara yang positif. Keperawatan, adalah bekerja dengan klien, bukan kepada atau untuk klien. Keterlibatan ini dalam proses keperawatan oleh perawat menunjukkan kepedulian terhadap semua orang bukan dari satu aspek, satu masalah, atau segmen terbatas pemenuhan kebutuhan. Dalam tahap keperawatan, semua fakta dan opini tentang klien dan lingkungan dikumpulkan.Karena keterbatasan kita dalam mengukur dan alat pengumpulan data, informasi yang dikumpulkan sesering mungkin dari suatu pemisahan diri atau bagian lainnya.
Namun, untuk melaksanakan pedoman, analisis data harus dalam keadaan yang mencerminkan keutuhan, yang mungkin dicapai dengan menanyakan beberapa  pertanyaan dan mendapat respon dari data yang ada. Pertanyaan seri pertama mencerminkan prinsip Integrasi. Seri berikutnya akan mencerminkan prinsip resonancy. Seri terakhir dari pertanyaan akan dipengaruhi oleh prinsip helicy.Untuk mencerminkan pola gagasan, terkadang akan ditambahkan beberapa pertanyaan untuk prinsip helicy sebagai pertimbangan. Harus diingat bahwa tanggapan klien merupakan cerminan suatu titik tertentu dalam ruang-waktu.Akibatnya, pola yang diidentifikasi ini tidak statis tetapi terus berubah, mencerminkan perubahan waktu dan menambahkan pengalaman masa lalu. Bukan berarti pertanyaan-pertanyaan ini memuat semua, tetapi menggunakan mereka sebagai referensi akan membantu memberikan perawat dengan melihat klien seutuhnya. Ini akanmengidentifikasi perbedaan individu dan pola pertukaran bagian-bagian secara berurutan dalam proses kehidupan. Penilaian keperawatan, adalah penilaian dariseluruh keadaan manusia dan bukan penilaian yang hanya berdasarkan fisik atau status mental. Ini merupakan penilaian potensi sehat dan sehat secara mandiri dan bukan penilaian dari suatu penyakit atau proses penyakit. Hasilnya ialah bahwa kemandirian memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan penyakitnya.
Sebagai hasil dari penilaian keperawatan, ditarik kesimpulan tentang kemandirian. Kesimpulannya adalah diagnosis keperawatan, langkah kedua dalamproses keperawatan, dan itu mencerminkan prinsip-prinsip homeodynamik. Irama,pola, keanekaragaman, interaksi, dan variasi proses kehidupan terlihat dengan jelas.Diagnosis keperawatan bertujuan untuk mengetahui pola pertukaran bagian-bagiantersebut dalam proses kehidupan yang mencakup hubungan manusia-lingkungan(Roger, 1970). Meskipun tidak sempurna, diagnosa keperawatan berdasarkan polakesehatan fungsional Gordon memiliki potensi yang lebih besar kegunaannya dengankerangka Roger karena cenderung mencerminkan pandangan yang lebih tentangkeutuhan individu.Mengingat bersifat statis dan kehilangan tradisi sepanjangdiagnosa, sehingga penggunaannya dalam sistem abstrak dinamis bahkan mungkintidak tepat (Smith, 1988).
Dengan membuat diagnosis keperawatan, mengarahkan perawat memberikanasuhan keperawatan.Fokus pada perkembanagn yang membutuhkan implementasi dalam lingkungan maupun di dalam individu. Diharapkan bahwa perubahan yang satuini akan terkait dengan perubahan simultan lainnya. Karena integrasi individu denganlingkungan, masalah kesehatan tidak dapat dipisahkan dari penyakit sosial di dunia.Oleh karena itu, masalah ini tidak bisa ditangani dengan efektif dengan cara yangumumnya diterima secara umum, transisi, tindakan penyakit berorientasi (Rogers,1992). Dibutuhkan daya imajinasi dan kreatifitas.Resonansi mensyaratkan bahwa rencana keperawatan diarahkan untuk mendukung atau memodifikasi variasi proses kehidupan seluruh manusia. karenaproses kehidupan manusia merupakan fenomena searah, sehingga tidak bias mengembalikan individu ke tingkat mantan keberadaan, melainkan perawatmembantu individu bergerak maju ke tingkat yang lebih tinggi lebih beragameksistensi.Program keperawatan di bidang helicy membutuhkan penerimaan perbedaanindividu sebagai ungkapan munculnya evolusi, untuk mendukung atau memodifikasiirama dan tujuan hidup. Untuk melakukan ini membutuhkan partisipasi dan aktif dariklien dalam asuhan keperawatannya.Kesehatan tidak hanya tercapai denganmempromosikan homeostasis dan keseimbangan, melainkan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan dinamika dan keragaman dalam individu.

F.      Teori Rogers dan karakteristik Teori

1.              Teori dapat saling berhubungan menciptakan perbedaan pandangan suatu fenomena tertentu. Teori keperawatan utamanya digunakan dalam prinsip homeodynamic untuk pelayanan kemanusiaan memaksa untuk melihat keperawatan dengan cara berbeda.
2.              Teori harus murni logis. Pasti ada perkembangan logis dalam konstruksi utama. Hasil perkembangan logis ini di proses dari identifikasi anggapan, melalui blok bangunan, dengan prinsip homeodynamic.
3.              Teori harus relatif sederhana namun umum. Telah dinyatakan bahwa konsepsi Rogers manusia yang elegan di dalamnya terdapat kesederhanaan (Fawcert,1989). Namun, teori jauh lebih sederhana dalam tingkat abstraksi dan berkontribusi pada kesulitan pemahaman. Serta didasarkan pada penggunaan sistem terbuka yang kompleks.
4.              Teori dapat menjadi dasar untuk hipotesis yang dapat diuji untuk memperluas teori.
5.              Teori berkontribusi dan membantu meningkatkan pengetahuan umum tubuh dalam tanpa menghilangkan kedisiplinan melalui penelitian yang dilakukan untuk memvalidasi mereka. Teori ini dirancang untuk meminimalkan masalah penelitian, kurangnya kesederhanaan, definisi operasional, dan instrumen yang valid untuk mengukur hasil sehingga keperawatan benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari sistem abstrak Roger.
6.              Teori digunakan oleh praktisi untuk membimbing dan meningkatkan praktek mereka. Ketika ide tersebut diaplikasikan untuk praktek keperawatan, pemahaman perilaku klien mengambil dimensi baru. Selain itu, intervensi keperawatan seperti sentuhan terapeutik dan penggunaan cahaya, warna, musik, dan gerakan telah diturunkan dari ajaran Rogers.
7.              Teori harus konsisten dengan validasi teori lain, hukum, dan prinsip-prinsip. Sifat abstrak dari sistem menyediakan potensi besar untuk menghasilkan pertanyaan untuk studi lebih lanjut dan yang berasal intervensi untuk praktek keperawatan. Sistem Rogersjuga telah berperan dalam pengembangan teori-teorilainnya. Newman (1994) Parse dan (1992) karya dua contoh tersebut.

G.    Hubungan Teori Keperawatan Martha E. Rogers dengan Riset Keperawatan
Model konseptual abstrak yang di kemukakan Martha E Rogers secara langsung memiliki hubungan dengan riset dan pengembangan ilmu keperawatan.Model konseptualnya memberikan arah dan stimulus untuk aktifitas keilmuan tersebut. Model keperawatan Rogers menunjukkan betapa uniknya realita profesi keperawatan. Peneliti yang memiliki asumsi dan pemahaman seperti konsep Martha E Rogers akan menemukan mendapatkan pandangan yang jelas tentang seperti apakah sesungguhnya bekerja sebagai perawat. Secara jelas dalam konsepnya Martha ERoger menunjukkan bahwa kebutuhan kritis dalam keperawatan adalah merupakandasar pengetahuan dalam aktifitas penelitian keperawatan.“Tujuan dari keperawatan adalah untuk membantu semua orang di manapunmereka berada dan menunjang kesejahteraan yang maksimal bagi individu, keluargadan kelompok (Rogers, 1985)”.

H.    Hubungan teori keperawatan Martha E. Rogers dengan Praktik Keperawatan
Martha E Rogers mengungkapkan bahwa teori yang diambilnya dari konsepnya sangat mungkin untuk di terapkan dalam praktik keperawatan. Malinski(1986) mencatat ada tujuh trend yang ada dalam praktik keperawatan, yangkesemuanya berdasar pada konsep teori yang di kemukakan Martha E Rogers.
1)             Pemberian kewenangan penuh dalam hubungan perawat klien
2)             Menerima perbedaan sebagai sesuatu yang wajar
3)             Penyesuaian terhadap pola
4)             Menggunakan modalitas gelombang seperti lampu musik, pergerakan dalam proses penyembuhan.
5)             Menunjukkan suatu perubahan yang positif
6)             Memperluas fase pengkajian dalam proses keperawatan
7)             Menerima hubungan yang menyeluruh dalam hidup.

I.                Hubungan Teori Keperawatan Martha E. Rogers dengan Pendidikan Keperawatan
Pada tahun 1963, Rogers mencetuskan ide untuk mendirikan kembali program undergraduated dan graduated dalam pendidikan keperawatan. Hal ini adalah di lakukannya sebagai refleksi terhadap evolusi perubahan dalam ilmu keperawatan. Konsistensi terhadap definisi yang ia berikan untuk keperawatan bahwa keperawatan adalah profesi yang di pelajari, unik serta memiliki batang tubuh pengetahuan, maka ia sangat menganjurkan bagi perawat untuk menempuh pendidikan dalam keperawatan.
J.       Kelemahan teori Martha E. Rogers tentang Homeodinamik
Walaupun prinsip-prinsip homeodinamik konsisten dengan tujuan universal, ada keterbatasan utama pelaksanaan prinsip-prinsip universal.Banyak orang mengalami kesulitan untuk memahami prinsip-prinsipnya.Meskipun asumsi dasar yang diberikan dan prinsip-prinsip yang ditetapkan, sistem tetap abstrak.Persyaratan belum cukup untuk dioperasionalkan untuk menyediakan pemahaman yang jelas.Kesulitan definisi pengoperasian konsep serta membawa keabstrakan konsep dan hubungan ke tingkat empiris untuk pengujian yang mengganggu banyak ilmuwan perawat (Kim, 1986). Definisi operasional diperlukan untuk pengembangan hipotesis bahwa tes konsep teoritis dan untuk pemilihan instrumen yang memadai akan mengukur konsep-konsep yang terlibat (Hardy, 1974).
Pada tahap dalam perkembangan ilmu keperawatan, instrumen yang cukup akan menilai manusia dalam totalitas mereka tidak ada. Tanpa instrumen tersebut, kemampuan menggunakan atau menguji sistem abstrak sepenuhnya adalah hampir tidak mungkin.Selanjutnya, ketidakmampuan untuk cukup menggunakan atau menguji sistem yang membuat kesuksesan mengimplementasikan kesulitan keperawatan.Dengan demikian, penggunaan prinsip-prinsip homeodynamics di dalamnya adalah totalitas terbatas.(didapat dari berbagai sumber)

BAB III
PENUTUP

a.Kesimpulan
Pada intinya Martha E. Rogers memandang perawat sebagai ilmu dan mendukungpenelitian keperawatan. Oleh sebab itu keperawatan mengembangkan pengetahuandari ilmu– ilmu dasar dan fisiologi, begitu juga dengan ilmu keperawatan itu sendiri,ilmu keperawatan bertujuan untuk memberikan inti dari pengetahuan abstrak untuk mengembangkan penelitian ilmiah dan analisis logis dan kemampuan menerapkannyadalam praktik keperawatan. Inti pengetahuan ilmiah keperawatan merupakan hasilpenemuan terbaru mengenai keperawatan secara humanistik.membangun dasar teori yang luas dari berbagai disiplin.  Rogersmengembangkan prinsip-prinsip homeodynamics. Melekat pada prinsip-prinsip yanglima asumsi dasar:
a.       Manusia adalah satu kesatuan, proses integritas individu dan mewujudkankarakteristik yang lebih dari dan perbedaan dari jumlah bagian-bagiannya;
b.      Individu dan lingkungan terus exchenging materi dan energi dengan satu samalain;
c.       Proses kehidupan manusia berkembang ireversibel dan unidirectionally sepanjangwaktu;
d.      Mengidentifikasi pola manusia dan mencerminkan keutuhan yg inovatif; dan
e.        Individu dicirikan oleh kapasitas abstraksi dan citra, bahasa dan berpikir, sensasidan emosi.
Prinsip-prinsip integral, helicy, dan resonancy dibandingkan dengan teori sistemumum, teori pembangunan, dan teori adaptasi. Cara untuk menggunakan prinsip-prinsip dalam proses keperawatan dieksplorasi. Kesulitan dalam memahami prinsip-prinsip, kurangnya definisi operasional, instrumen tidak memadai untuk pengukuran adalah keterbatasan utama penggunaan efektif dari teori ini.